15 Makanan Penyebab Kanker Yang Kamu Makan Setiap Hari Tanpa Kamu Sadari

Kanker merupakan penyakit pembunuh yang banyak ditemukan di negara berkembang dan gejalanya pun sulit sekali untuk dikenali. Di Indonesia sendiri, kanker menjadi penyakit yang mematikan urutan ketiga setelah jantung.

Macam kanker pun banyak jenisnya seperti kanker prostat, kanker endometrium, kanker pankreas, kanker paru-paru, dan sebagainya yang bisa menghampiri baik itu pria ataupun wanita.

Penyebab kanker pun juga beragam sebagai contoh merokok, pola makan dan hidup yang tidak sehat, serta kurangnya olahraga.

Padahal banyak sekali perokok khususnya di Indonesia yang sering Kamu temui, namun belum banyak dari mereka tahu akibat dari rokok tersebut yang menyebabkan kanker. Namun tahukah Kamu bahwa dari beberapa makanan yang kita makan juga bisa menjadi penyebab kanker yang tidak kita sadari.

Kamu pastinya tidak ingin mengkonsumsi jenis makanan yang menyebabkan kanker tersebut, oleh sebab itu mari kita lihat apa saja makanan yang menyebabkan kanker tersebut dan disini sudah ada 15 contoh makanan penyebab kanker yang perlu Kamu ketahui.

1. Microwave Popcorn

1. Microwave Popcorn

Jenis makanan penyebab kanker yang pertama adalah Popcorn yang sering kita jumpai saat menyaksikan film di bioskop, supermarket, dan sebagainya yang ternyata mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kita. Bahan kimia tersebut kanker pankreas, testis, kanker hati, dan infertilitas termasuk diacetyl chemical yang dipakai dalam cemilan yang dapat merusak paru-paru juga serta penyebab kanker.

Tahukah Kamu bahwa pada jagung yang digunakan pada beberapa produsen pembuat popcorn sebagian menggunakan jagung non organik serta bahan pengawet yang berbahaya. Tidak hanya pada pop cornnya sendiri, tapi ternyata pada kemasan yang digunakan juga mengandung bahan kimia yang biasa disebut perfluorooctanoic acid ( PFOA).

Zat PFOA tersebut juga bisa menimbulkan kanker testis dan beberapa penyakit lainnya yang juga membahayakan.

2. Keripik Kentang

2. Keripik Kentang

Jika Kamu senang dengan jajanan ini sebaiknya lihat dulu dampaknya bagi diri Kamu sebagai berikut.

Keripik kentang yang sering Kamu makan ini ternyata menjadi pemicu kegemukan yang mengandung lemak dan kalori yang tinggi.

Apalagi jika Kamu pernah mengkonsumsi keripik kentang dengan berbagai rasa misal sapi panggang, keju, dan lain sebagainya yang mengandung perasa buatan, pewarna makanan, dan bahan pengawet.

Selain itu penggorengan keripik kentang dalam suhu tinggi bisa menghasilkan bahan berbahaya yang juga ditemukan dalam rokok dan tentunya bisa menjadi pemicu penyakit kanker.

Sebaiknya ganti jenis keripik yang Kamu konsumsi dengan keripik yang lebih sehat misalnya keripik apel atau pisang yang tentunya juga tidak kalah lezatnya dengan keripik kentang.

3. Minyak Nabati

3. Minyak Nabati

Minyak nabati yang sering digunakan untuk memasak mengandung kadar tinggi asam lemak Omega-6 yang menyebabkan resiko penyakit jantung dan kanker kulit.

Minyak nabati merupakan jenis minyak yang terhidrogenasi dan banyak digunakan untuk makanan olahan.

Minyak ini juga mempunyai terkait dengan kanker.

4. Makanan yang Diasap, Mempunyai Tingkat Keasinan Tinggi, dan yang Diasamkan

4. Makanan yang Diasap, Mempunyai Tingkat Keasinan Tinggi, dan yang Diasamkan

Contoh makanan tersebut antara lain Pizza, Donat, Hot Dogs, dan sebagainya yang ternyata juga bisa menyebabkan resiko kanker.

Jenis makanan yang menggunakan bahan kimia nitrat atau nitrit akan meningkatkan resiko kanker yang jauh lebih besar setelah masuk ke dalam tubuh.

Makanan yang diasap juga cenderung meningkatkan kanker terutama kanker perut dan kolorektal, namun yang paling umum yaitu menyebabkan kanker perut.

Makanan yang memiliki tingkat keasinan tinggi juga mempunyai dampak buruk sebagai peningkatan resiko kanker perut.

5. Makanan yang Diproses dengan Kadar Tepung Putih Tinggi

5. Makanan yang Diproses dengan Kadar Tepung Putih Tinggi

Mungkin sebagian dari Kamu tidak percaya bahwa tepung putih yang biasa dijadikan adonan bahan makanan yang sering dijual di pasar atau tempat jajanan mengandung gas klorin yaitu bahan kimia sebagai pemutih tepung yang tidak aman untuk kesehatan kita.

Terutama olahan tepung putih bisa menyebabkan penyebaran sel-sel kanker dan jika Kamu suka mengkonsumsi makanan dengan olahan tepung putih maka sama saja Kamu mendatangkan kanker tumor dalam tubuh Kamu.

6. GMO (Genetically Modified Organisms)

6. GMO (Genetically Modified Organisms)

GMO merupakan makanan yang telah dirubah dan dikembangkan secara genetik misalnya pada sayuran kol yang berwarna-warni, apel yang disuntik dan dirubah menjadi merah, tomat, jeruk agar berbentuk kotak, dan lain sebagainya.

Penilitian di Skotlandia telah membuktikan dengan memberi makan tikus makanan GMO yang ternyata memberikan hasil adanya pertumbuhan sel pra kanker dalam tubuh tikus tersebut.

7. Gula Halus

7. Gula Halus

Gula halus yang sering ditemukan pada permen atau sebagian minuman dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker yang disebabkan oleh sering konsumsi gula halus dan jenis gula tersebut disukai oleh sel kanker.

Menurut pendapat Otto peraih nobel pada bidang kedokteran menyatakan kurang lebih bahwa sel-sel kanker dapat berkembang biak dengan baik karenan menyukai makanan yang kaya pemanis.

8. Pemanis Buatan

8. Pemanis Buatan

Dalam pemanis buatan ini banyak mengandung aspartam yang menyebabkan orang menjadi kejang-kejang dan juga menimbulkan penyakit diabetes.

Selain itu pemanis buatan akan membuat kesulitan dalam mengontrol kadar gula darah dan menambah berat badan.

Maka mengkonsumsi pemanis buatan ini termasuk dalam gaya hidup yang tidak sehat apalagi sampai ketagihan.

9. Makanan Diet

9. Makanan Diet

Pernahkah Kamu melihat lebel diet pada minuman soda Kamu atau jenis minuman maupun makanan lain?

Ternyata jenis makanan atau minuman ini memiliki zat yang berbahaya layaknya pada pemanis buatan yang bisa menyebabkan kanker yaitu zat aspartam.

Makanan diet diproses dengan kadar sodium yang berlebihan, perasa makanan, pewarna buatan, dan bahan dari proses kimia lain yang tentunya berbahaya bagi Kamu. Jadi jika ingin diet pilihlah makanan atau minuman alami yang dibuat tanpa bahan kimia.

10. Minuman Beralkohol

alcohol drinks set isolated on a black

Tentu saja selain menimbulkan penyakit gagal jantung, stroke, dan jantung, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan penyakit kanker.

Berdasarkan studi di Amerika membuktikan bahwa wanita yang minum alkohol mengalami peningkatan hampir 30% kanker payudara daripada yang tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.

Jadi agar Kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit termasuk kanker maka hindarilah minuman alkohol mulai dari sekarang.

11. Daging Merah

Raw Beef Roast Isolated on White

Terkadang ane sering mengira kalau mengkonsumsi daging merah akan menyehatkan tubuh Kamu.

Namun nyatanya dari penilitian lebih dari 10 tahun mengatakan bahwa 22% pria dan 20% wanita meninggal karena mengalami kanker dari mengkonsumsi daging merah tersebut.

Penelitian lain menyebutkan bahwa mengkonsumsi banyak daging merah dapat menyebabkan kanker usus besar, prostat, dan payudara.

Nah jika Kamu sudah tahu bahwa daging merah kurang sehat kurangilah memakan daging merah yang sering Kamu konsumsi dirumah dan jaga kesehatan dengan menu lain.

12. Minuman Bersoda

12. Soda

Selain dapat meningkatkan berat badan, soda juga memiliki bahan kimia 4-MI dan pewarna buatan yang terbukti menimbulkan kanker.

Mengkonsumsi soda terlalu banyak juga akan menyebabkan penyakit lain seperti gula darah, obesitas, dan stroke.

13. Buah-buahan Non Organik

13. Buah-buahan Non Organik

Buah-buahan jenis ini sepertinya terlihat sehat namun tahukah Kamu bahwa buah-buahan tersebut mengandung pestisida yang berbahaya?

Bayangkan jika Kamu memakan buah-buahan tersebut karena bahan pestisida dibuat untuk membasmi serangga.

Bahan yang termasuk pestisida aladah astrazin yang telah dilarang di kawasan Eropa, namun ternyata di sebagian negara lain masih banyak digunakan.

Contoh buah yang sering diberikan pestisida anatara lain adalah jeruk, anggur, dan stoberi.

Sehingga pilihlah buah-buahan yang alami tanpa bahan pestisida tersebut agar Kamu bisa mengkonsumsi buah yang sehat.

14. Tomat Kaleng

14. Tomat Kaleng

Kelihatannya memang sangat praktis ketika menyajikan makanan dengan tomat dalam kaleng tanpa harus repot membuat olahan tomat untuk makan.

Bahan kimia berbahaya yang ada pada kaleng tomat tersebut adalah BPA apalagi jika dicampur dengan tomat yang memiliki tingkat keasaman tinggi yang keduanya tidak cocok bila bercampur.

Tidak hanya tomat dalam kaleng beberapa makanan dalam kaleng juga memiliki dampak buruk dalam tubuh karena tercampur dengan bahan kimia pada kaleng tersebut.

15. Daging Olahan

15. Daging Olahan

Menurut beberapa penilitan menyatakan bahwa orang yang memakan daging olahan bisa beresiko meninggal karena adanya bahan kimia dalam daging tersebut bahkan bagi mereka yang berlebihan mengkonsumsi dapat menyebabkan kematian dini daripada mereka yang mengkonsumsi sama sedikit saja.

Zat tar dalam daging yang diasap sama dengan zat tar dalam rokok yang bisa menyebabkan kanker.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *