5 Manfaat Kunyit Yang Dapat Anda Gunakan Untuk Obat Penyakit Degeneratif

Siapa sangka jika manfaat kunyit mampu untuk mengatasi berbagai jenis penyakit degeneratif yang sangat mematikan. Rempah khas yang termasuk dalam golongan jahe-jahean ini selama ini lebih banyak dimanfaatkan sebagai bagian dari bumbu dapur. Selain untuk menyedapkan rasa masakan, daging rempahnya yang berwarna kuning ternyata juga mampu mengawetkan makanan.

Baca juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Bau Badan

Kunyit atau sering juga dinamakan kunir (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.) tidaklah herbal khas Indonesia karena beberapa negara di Asia Tenggara juga banyak yang mengenal. Bahkan masyarakat di India dan Malaysia, seperti dikutip Wikipedia, juga banyak yang memanfaatkan rimpang ini untuk menyedapkan masakan maupun digunakan sebagai obat.

Baca juga: 5 Manfaat Teh Hijau Agar Anda Cantik Alami

Rimpang kunyit diketahui mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan sehingga masuk dalam golongan herbal. Kandungan utama kunyit diantaranya vitamin C yang cukup tinggi yaitu 45 – 55 persen, protein sebanyak 30 persen, pati 8 persen, karbohidrat 3 persen, lemak 1 – 3 persen, serta beberapa mineral lainnya, seperti fosfor, zat besi, dan kalsium.

Kunyit 2

Kunyit juga mengandung minyak atsiri yang meliputi tumeon sebanyak 60 persen, zingiberen 25 persen, keton sesquiterpen, felandren, turmeron, sabinen, sineil, dan borneol. Lebih dari itu, kunyit juga mengandung senyawa penting yang disebut kurkuminoid. Senyawa yang berkhasiat obat ini terdiri dari desmetoksikumin sebanyak 10 persen, bisdesmetoksikurkumin 1 – 5 persen, serta kurkumin.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kulit Kusam secara Alami

Saat ini kunyit telah banyak dimanfaatkan secara komersial untuk pembuatan obat dalam mengatasi berbagai jenis penyakit. Berikut ini sebagian manfaat kunyit dalam mengatasi dan mengobati berbagai jenis penyakit mematikan.

Mengoptimalkan Fungsi Hati

Mengoptimalkan Fungsi Hati

Penelitian yang dilakukan terhadap kunyit menemukan bahwa khasiat rimpang ini tidak hanya sebagai antioksidan namun juga meningkatkan kemampuan dan fungsi hati dalam melakukan detoksifikasi. Selain menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, kandungan kurkumin dalam kunyit juga berkhasiat dalam membunuh zat beracun yang masuk ke dalam tubuh.

Mencegah dan Mengobati Penyakit Kanker

Mencegah dan Mengobati Penyakit Kanker

Kemampuan kurkumin kunyit dalam meningkatkan fungsi hati ternyata memberikan pengaruh secara signifikan dalam menangkal dan mengobati penyakit kanker. Sel-sel usus besar pun terlindungi oleh kurkumin itu dari berbagai radikal bebas yang dapat merusak DNA, terutama saat melakukan proses produksi sel-sel baru. Bahkan hebatnya lagi, sel-sel kanker yang ada pun lebih mudah dihancurkan sebelum menyebar ke bagian tubuh lainnya. Menyangkut kemampuannya dalam membasmi kanker, manfaat kunyit sering disamakan dengan manfaat daun sirsak yang juga terbilang sangat hebat.

Menurunkan Kolsterol dan Melindungi Kardiovaskular

Menurunkan Kolsterol dan Melindungi Kardiovaskular

Kandungan vitamin B6 dalam kunyit ternyata mampu mencegah oksidasi kolesterol sehingga menekan risiko penyakit jantung dan aterosklerosis. Sebuah penelitian yang termuat di Indian Journal of Physiology and Farmakologi, seperti dikuti Soni KB, membuktikan bahwa 10 orang yang  mengkosumsi kurkumin kunyit sebanyak 500 mg setiap hari selama seminggu ternyata kolesterolnya turun hingga 33 persen dan kolesterol baik (HDL) naik hingga 29 persen.

Mencegah Resiko Penyakit Leukimia

Mencegah Resiko Penyakit Leukimia

Penelitian yang dilakukan Prof Moolky Nagabhushan dari Loyola University Medical Centre, Chicago selama 20 tahun membuktikan bahwa manfaat kunyit dengan adanya curcumin terutama dalam mencegah kerusakan kromosom, penghambat perbanyakan sel leukemia dalam kultur sel, menghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH), serta menghalangi terbentuknya amina heterosiklik berbahaya dan senyawa nitroso akibat konsumsi daging olahan yang terdapat kandungan nitrosamin.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Mencegah Penyakit Alzheimer

Kandungan kurkumin, konstituen biologis aktif dalam kunyit juga mampu mengaktifkan gen yang mengkode produksi protein antioksidan sehingga menekan dan mencegah serangan penyakit Alzheimer.

Itulah sebagian khasiat kunyit dalam menangkal dan mengobati berbagai jenis berbahaya. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat kunyit lainnya dalam pengobatan, namun informasi yang sedikit ini semoga memberikan manfaat untuk anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *