7 Cara Menyembuhkan Batuk secara Alami

Salah satu penyakit umum yang sering timbul akhir-akhir ini adalah batuk. Batuk sendiri terjadi akibat adanya iritasi ataupun penyumbatan pada bagian kerongkongan atau saluran udara bagian atas. Ketika kerongkongan merasa ada benda asing yang masuk melalui mulut, maka tata saraf menyalurkan informasi itu ke otak dan membuat tubuh meresponnya menjadi batuk.

Selain penyumbatan, batuk juga bisa diakibatkan karena infeksi virus, flu, pilek dan rokok. Bahkan, batuk juga bisa menjadi gejala penyakit-penyakit berat, seperti TBC, asma dan kanker paru-paru. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menerapkan cara menyembuhkan batuk secara alami di bawah ini.

1. Kunyit

Kunyit

Kunyit dapat dijadikan ramuan alami yang efektif untuk menyembuhkan batuk kering. Anda dapat mengolah ramuan dengan mencampurkan air mendidih, 1 sdt bubuk kunyit dan sdt lada hitam. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kayu manis untuk meningkatkan khasiatnya.

Baca juga: Inilah Manfaat Alpukat sebagai Obat Herbal Super

Air rebusan dari olahan tersebut dapat dikonsumsi secara rutin. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain yang disukai, seperti madu dan lemon. Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan memanggang kunyit dan menggilingnya menjadi bubuk halus. Setelah itu seduh dengan air hangat. Lakukan cara ini sekitar dua kali sehari hingga batuk mereda.

2. Jahe

Jahe

Selain kunyit, apotek hidup lainnya yang dapat Anda jadikan sebagai obat penyembuh batuk adalah jahe. Anda dapat mengiris kecil-kecil jahe segar, lalu memasukannya ke dalam secangkir air mendidih. Selanjutnya Anda dapat mengkonsumsi cairan tersebut sebanyak 3 hingga 4 kali sehari. Ramuan ini nantinya berkhasiat untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Selain itu, jika Anda berani, jahe juga bisa langsung dikunyah dalam keadaan mentah.

3. Lemon

Lemon

Lemon memiliki banyak sekali khasiat, salah satunya adalah untuk menyembuhkan batuk. Kandungan vitamin C di dalam buah lemon mampu mengurangi terjadinya peradangan dan infeksi. Bahkan, banyak sekali obat batuk modern yang menggunakan ekstrak lemon sebagai bahan bakunya.

Untuk mengolah lemon menjadi obat batuk, Anda dapat mencampurkan 1 sdm jus lemon dengan 1 sdm madu. Minum ramuan ini beberapa sendok setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sedikit cabe rawit pada ramuan tersebut.

4. Bawang putih

bawang putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yang paling sering Kita jumpai. Hampir disetiap masakan terdapat bawang putih cincang sebagai penyedap rasa. Namun begitu, lebih dari itu bawang putih ternyata memiliki kandungan yang baik bagi para penderita batuk. Setidaknya ada dua komponen baik di dalam bawang putih, diantaranya adalah sebagai antibakteri dan antimikroba.

Untuk mengolah bumbu dapur ini, Anda dapat menyiapkan 2 hingga 3 siung potongan bawang putih. Selanjutnya siapkan segelas air hangat dan 1 sdt oregano. Campurkan semuanya hingga menjadi minuman. Anda juga dapat menambahkan madu untuk hasil yang lebih maksimal.

5. Susu hangat

susu hangat

Campuran madu dengan susu hangat dapat memerangi batuk serta mengurangi nyeri pada dada akibat batuk kering. Selain itu, minuman olahan ini juga bermanfaat sebagai analgesik serta pembersih lendir di dalam tenggorokan. Cara terbaik untuk meminum susu hangat dengan madu adalah sesaat sebelum tidur.

6. Wortel

fresh carrots isolated on white background

Wortel memiliki nutrisi dan vitamin yang sangat melimpah. Semua kandungan tersebut dapat berperan sebagai obat batuk alami. Anda dapat mengolah 4 hingga 5 wortel segar menjadi jus, lalu mengkonsumsinya tiga kali sehari.

7. Anggur

anggur

Buah anggur dapat dijadikan obat ekspektoran alami yang mempu melepaskan lendir dari sistem pernapasan. Dengan cara ini, Anda dapat menyembuhkan batuk lebih cepat. Untuk mengolahnya, anggur bisa disajikan dalam bentuk jus dengan campuran madu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *