7 Makanan Penambah Energi Untuk Beraktifitas Setiap Hari

Setiap hari manusia membutuhkan energi untuk beraktivitas. Jikalau orang tersebut adalah pekerja berat di lapangan, maka energi menjadi hal yang sangat krusial. Namun begitu, kebanyakan dari Kita masih mengompromikan hal tersebut.

Baca juga: 5 Manfaat Tomat untuk Meningkatkan Kesehatan Anda

Terbukti dengan banyaknya jenis-jenis makanan untuk sarapan yang kurang sehat, mulai dari kafein, lemak hingga gula. Untuk mengatasi hal tersebut dan merubah pola hidup menjadi lebih sehat, Nicole Moore, seorang clinical dietitian dari Georgia Health Sciences Medical Center memberikan beberapa jenis makanan penambah energi.

Biji-bijian

Biji-bijian

Karbohidrat adalah sumber utama dari energi dalam tubuh Anda. Namun, jenis karbohidrat seperti apa yang paling tepat untuk meningkatkan energi dalam waktu yang lama? Bila Kita hanya mengkonsumsi roti biasa, maka yang didapat adalah energi yang bertahan sekejap. Maka dari itu, biji-bijian dapat menjadi solusi. Anda dapat mengolah beras menjadi nasi untuk sumber energi pada pagi hari. Menambah sedikit telur juga dapat menjadi pilihan tepat. Jika tidak sempat, Anda dapat membeli oatmeal atau roti gandum dengan selai bernutrisi.

Yogurt

Yogurt

Walaupun sedikit orangtua yang menyarankan anaknya memakan makanan masam ketika pagi hari, yogurt bisa menjadi pengecualian. Hal tersebut karena kandungannya yang kaya akan karbohidrat dan protein. Anda dapat mengkonsumsi yogurt tanpa gula di pagi hari sebelum melakukan aktivitas.

Buah

Buah

Buah biasa digunkan sebagai pencuci mulut alami. Lebih dari itu, ternyata buah dapat dijadikan sumber energi yang sehat. Selain itu, kandungan vitamin yang begitu kaya menjadi nilai tambah. Peneliti USDA sendiri merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah sebanyak 2 cangkir lebih setiap hari untuk rata-rata orang dewasa.

Ikan

Ikan

Banyak pakar yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi ikan dan kerang setiap minggu sebanyak 2 porsi adalah sebuah kebutuhan. Hal tersebut dibuktikan karena kebanyakan ikan, seperti salmon memiliki kandungan nutrisi yang tinggi serta lemak jahat yang rendah. Selain itu, ikan-ikan tersebut juga adalah sumber protein yang tinggi serta omega-3 yang sulit didapat pada makanan lain. Anda bisa mengkonsumsi ikan setiap pagi untuk meningkatkan energi sekaligus melindungi jantung dari berbagai penyakit.

Sayuran

Sayuran

Sayuran, khususnya yang berdaun hijau gelap memiliki banyak sekali nutrisi, mulai dari vitamin A, vitamin C, kalsium, serta protein dan zat besi. Selain itu, sayuran seperti sawi dan bayam mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin A. Untuk itu, cobalah untuk sarapan dengan olahan sayur-sayur hijau tersebut. Anda tidak hanya mendapatkan energi yang tinggi dari zat besi, namun juga vitamin yang dibutuhkan bagi tubuh.

Popcorn

Popcorn

Olahan jagung ini ternyata tidak hanya lezat disantap ketika menonton film, namun juga tepat digunakan sebagai makanan penambah energi. Selain kaya karbohidrat, popcorn juga memiliki lemak yang rendah. Namun begitu, berhati-hati dengan popcorn yang dijual di pasaran. Biasanya penjual sudah menaburi garam dan bumbu-bumbu lain yang kurang sehat dalam jumlah yang berlebihan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Makanan selanjutnya yang dapat Anda jadikan penambah energi adalah keluarga kacang-kacangan. Selain digunakan sebagai sumber karbohidrat, kacang juga memiliki kandungan zat besi, kalsium, magnesium, vitamin B dan kalium yang sangat kaya. Semua kandungan tersebut dapat membantu tubuh menjadi tetap bugar dan juga mendukung metabolisme dalam tubuh.

Selain 7 makanan di atas yang dapat dijadikan penambah energi, Anda juga tidak boleh melupakan minuman. Ada banyak minuman yang dapat Anda jadikan penambah energi alami, diantaranya adalah air putih, susu, jus buah dan sup. Selain itu, pola hidup sehat, seperti tidak merokok, rajin olahraga dan tidur teratur sangat mempengaruhi tinggi rendahnya energi dalam tubuh.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *