7 Makanan Sehat untuk Penderita Penyakit Ginjal

Penyakit pada ginjal adalah salah satu masalah kesehatan yang masih menghantui banyak lapisan masyarakat di Indonesia. Hal tersebut juga berkenaan dengan pola hidup masyarakat yang masih kurang baik serta cenderung meremehkan gejala yang timbul akibat sakit ginjal.

Untuk yang masih belum menderita, tentunya mencegah adalah tindakan yang terbaik. Namun jika Anda adalah salah satu yang saat ini sedang mengalami gelaja atau sedang menderita penyakit ginjal, beberapa makanan sehat di bawah ini tentunya akan sangat membantu.

Paprika merah

Paprika merah

Paprika merah memiliki kandungan kalium yang rendah, sehingga membuatnya menjadi makanan diet paling efektif untuk para penderita penyakit ginjal. Selain itu, paprika merah juga kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin B6, serat dan asam folat. Anda juga bisa mendapatkan kebaikan berupa lycopene yang memiliki sifat antioksidan sebagai pelindung dari serangan beberapa jenis kanker.

Baca juga: 7 Cara Menyembuhkan Batuk secara Alami

Cobalah untuk membuat makanan dengan bahan baku paprika atau menggabungkannya dengan ikan tuna dan ayam. Di barat, biasanya paprika merah dimasak dengan cara dipanggang untuk dipakai sebagai topping sandwich.

Kembang kol

Kembang kol

Sayuran ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat melimpah. Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi kembang kol sebagai sumber folat dan serat yang baik bagi para pasien penyakit ginjal. Bukan hanya itu, kembang kol juga mengandung senyawa yang dapat membantu hati dalam menetralkan zat beracun perusak DNA dan membran sel. Senyawa tersebut diantaranya adalah thiocyanates, indoles dan glucosinolates.

Baca juga: Inilah Manfaat Udang Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Anda dapat menjadikan kembang kol sebagai salad atau digabungkan dengan sayuran lainnya untuk ditumis atau disayur. Selain itu, kembang kol juga bisa diolah bersama dengan kentang dengan cara ditumbuk. Biasanya olahan ini digunakan sebagai salah satu hidangan para pelaku diet.

Bawang putih

Bawang putih

Pada 1 siung bawang putih, Anda hanya akan mengkonsumsi 1 mg natrium, 12 mg kalium dan 4 mg fosfor. Hal ini membuat bawang putih menjadi bumbu dapur yang aman dan tepat bagi Anda penderita penyakit jantung. Selain itu, bawang putih juga memiliki khasiat untuk mencegah munculnya plak pada gigi serta menurunkan kolesterol yang tentunya baik untuk ginjal.

Apel

Apel

Buah yang lezat ini memiliki 0 mg natrium, membuatnya menjadi salah satu buah yang aman bagi para pasien penyakit ginjal. Apel juga mengandung banyak khasiat baik, seperti melindungi tubuh dari resiko kanker, mencegah sembelir, mengurangi lemak kolesterol serta sebagai anti-imflamasi. Anda dapat mengkonsumsi apel sebagai pencuci mulut atau cemilan diwaktu siang.

Stroberi

Stroberi

Stroberi memiliki kandungan fenol yang berjumlah dua jenis, diantaranya adalah ellagitannins dan anthocyanin. Salah satu dari fenol tersebut, yaitu anthocyanin memiliki kemampuan untuk menjadi antioksidan bagi tubuh. Antioksidan tersebutlah yang nantinya akan membantu tubuh melindungi struktur sel dari kerusakan oksidatif yang Kita ketahui bersama sebagai salah satu penyebab penyakit ginjal.

Selain dua kandungan fenol, stroberi juga memiliki banyak kandungan nutrisi baik lainnya, seperti vitamin C, serat dan mangan. Anda juga dapat mengkonsumsi buah asam manis ini untuk melindungi jantung dan mencegah kanker.

Ceri

Ceri

Selain apel dan stroberi, buah lainnya yang dapat Anda jadikan makanan sehat untuk penderita penyakit ginjal adalah buah ceri. Buah ini tidak mengandung sodium serta memiliki khasiat untuk mengobati peradangan. Selain itu, ceri juga bisa dijadikan bahan makanan untuk dikonsumsi pasien penyakit ginjal serta orang-orang yang ingin mencegah dirinya dari penyakit jantung.

Putih telur

Putih telur

Putih telur adalah sumber protein yang murni dan berkualitas tinggi. Anda juga bisa mendapatkan kandungan asam amino esensial yang baik bagi tubuh. Kandungan protein dan fosfor yang terdapat pada putih telur tersebutlah yang berperan baik bagi diet ginjal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *