Cara Menyembuhkan Bau Mulut secara Alami

Memiliki bau mulut tentunya membuat percaya diri menurun. Bayangkan saja, ketika Anda berbicara dengan banyak orang, Anda akan membuat mereka menutup mulut atau bahkan secara terang-terangan menertawakan Anda.

Baca juga: Mau Tetap Cantik? Cobain 3 Teknik Tetap Cantik Menggunakan Kopi

Sebagian besar orang mengatasi hal tersebut dengan mengkonsumsi permen karet atau mint. Namun pada faktanya, hal tersebut tidak menghilangkan akar masalah atau penyebab dari bau mulut itu sendiri.

Baca juga: 6 Cara Alami Mengatasi Telinga Bayi Bernanah Yang Bisa Bunda Lakukan

Oleh sebab itu, jika Anda adalah salah satu orang yang terserang penyakit ini, beberapa cara menyembuhkan bau mulut secara alami di bawah ini akan mengungkap semuanya.

Minum air lebih banyak lagi

Minum air lebih banyak lagi

Salah satu penyebab paling umum dari bau mulut adalah dehidrasi. Kebanyakan orang tidak memperdulikan konsumsi air putih mereka, menyebabkan dehidrasi berkepanjangan dan pada akhirnya mulut Mereka mengeluarkan bau yang menyengat.

Bau pada mulut bisa terjadi karena pembusukkan sisa-sisa makanan yang dikonsumsi oleh bakteri. Oleh karenanya, untuk membersihkan sisa makanan serta melarutkan bakteri-bakteri di dalam mulut, Anda dapat mengkonsumsi air secara teratur setiap hari. Selain itu, konsumsi buah yang dapat meningkatkan produksi air liur juga akan sangat membantu, misalnya saja buah apel.

Selain air putih dan buah, Anda juga dapat memakai obat kumur. Fungsinya sama saja, yaitu menghilangkan bakteri dan sisa-sisa makanan. Pastikan obat kumur yang Anda beli memiliki komposisi fluoride.

Konsumsi Zinc

Konsumsi Zinc

Zinc atau seng adalah senyawa yang salah satu khasiatnya adalah menjaga kebersihan mulut dari bakteri berlebih. Hal tersebut juga berhubungan dengan salah satu penyebab bau mulut, yaitu halitosis yang disebabkan kekurangan zat zinc. Beberapa makanan yang kaya akan zinc diantaranya adalah kakao dan daging merah.

Gunakan teh jelatang

Gunakan teh jelatang

Salahsatu obat herbal yang kaya akan khasiat adalah teh jelatang. Teh ini mengandung berbagai macam senyawa yang baik bagi tubuh. Beberapa diantaranya adalah untuk menghilangkan racun, merangsang sistem limfatik dan meningkatkan ekskresi asam urat yang melalui ginjal. Selain itu, teh jelatang juga ternyata berkhasiat untuk menghilangkan logam berat yang menumpuk di mulut serta menahan pertumbuhan ragi berlebih.

Probiotik untuk usus

Probiotik untuk usus

Biasanya probiotik sering Kita dengar sebagai komposisi suatu merek minuman yang baik bagi usus. Hal tersebut memang benar, karena probiotik memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan usus, menyembuhkan sembelit serta melancarkan keluarnya gas pada perut. Namun lebih dari itu, ternyata semua masalah tersebut juga berhubungan dengan penyakit yang sedang Kita bahas, karena bau mulut dapat terjadi akibat lebihnya gas pada tubuh yang naik dan keluar melalui mulut.

Pada beberapa penelitian, seperti yang dilakukan oleh Journal Current Opinion in Gastroenterology menyebut bahwa probiotik sebenarnya dapat membantu menggantikan mikroba mulut yang menyebabkan bau mulut menjadi varietas makhluk hidup mikroba yang menguntungkan. Bahkan penelitian lainnya menyebutkan bahwa probiotik memiliki peran yang efektif untuk membunuh berbagai bakteri berbahaya di dalam mulut, serta menghilangkan seutuhnya senyawa sulfur volatil yang menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Konsumsi makanan mentah

Konsumsi makanan mentah

Cobalah untuk membiasakan diri mengkonsumsi wortel, apel dan seledri setiap harinya serta makanan-makanan yang kaya akan serat, seperti sayuran organik dalam keadaan mentah. Semua makanan tersebut memiliki khasiat untuk mengikis plak yang ada pada mulut. Selain itu, makanan-makanan tersebut juga mampu meningkatkan produksi air liur.

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam ternyata bukan hanya ketika sakit gigi, namun juga dapat digunakan ketika bau mulut menyerang. Garam yang paling baik untuk masalah ini adalah yang berbentuk kristal.

Beberapa cara menyembuhkan bau mulut secara alami di atas terlihat cukup mudah, namun hasilnya belum tentu semudah yang Kita bayangkan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya penyebab yang dapat menimbulkan bau mulut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *