Mengenal Endometriosis, Gejala Serta Pengobatannya

Kesehatan adalah salah satu anugerah yang selalu diinginkan oleh setiap manusia. Banyak orang menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya hanya untuk mendapatkan sebuah kesehatan. Namun kadang kala manusia sering diberikan berbagai cobaan terhadap kesehatannya, seperti penyakit turunan dan penyakit kelainan, tapi terkadang manusia dengan segala kecerobohan, ketidakpengetahuan, dan gaya hidupnya justru membuat  kesehatan mereka menjadi terganggu yang menyebabkan berbagai penyakit menimpa mereka.

Nah salah satu penyakit yang yang memang kemunculannya belum diketahui dan merupakan penyakit kelainan yang bisa dari faktor keturunan ialah endromentriosis.

Apa Itu Endometriosis ?

Pada dasarnya endometriosis merupakan sebuah penyakit  kelainan dari organ tubuh wanita yang terdapat pada lapisan pelindung rongga rahima wanita . Ya, penyakit atau kelainan ini terjadi karena lapisan pelindung (endometrium) terletak di luar rongga rahim,  padahal  pada perempuan normal, lapisan pelindungnya atau endometriumnya terletak di rongga rahim.  Akibatnya wanita yang mengalami kelainan ini akan sering terjadi pendarahan pada saat wanita tersebut mengalami  menstruasi dengan disertai rasa yang sangat nyeri dan sakit yang luar biasa disekitar perut  bagian bawah.

Dalam keadaan haid atau menstruasi, pada umumnya wanita yang mengalami penyakit kelainan ini, endometriosis akan mengalami ketebalan  yang semakin bertambah sebagai persiapan menstruasi. Namun ketika mengalami masa kehamilan, maka lapisan ini akan keluar seperti layaknya proses menstruasi pada wanita, dan akibatnya jelas, wanita yang mengalami kelainan ini akan terancam mengalami kemandulan.

Apa saja dampak yang ditimbulkan Kelainan Endometriosis  ini?

Seorang wanita yang mengalami kelainan ini akan mengalami kesulitan untuk mengandung dan memiliki keturunan. Hal tersebut dikarenakan bahwa Endometriosis dapat menyebabkan  indung telur, saluran telur, serta organ reproduksi lain yang ada pada organ reproduksi wanita tidak dapat berfungsi dengan  baik, sehingga pembuahan yang menjadikan bakal janin tidak akan terbentuk.

Oleh sebab itulah mengapa jika seseorang wanita mengalami kelainan penyakit Endometriosis ini akan lebih dianjurkan untuk  melakukan pembuahan melalui bayi tabung atau  hamil di luar kandungan agar segera memiliki keturunan. Sementara itu, kemunculan ataupun penyebab kelainan ini  sebenarnya belum diketahui secara pasti, namun pada daerah yang memiliki tingkat pencemaran yang tinggi, kemungkinan wanita yang mengalami kelainan ini akan semakin besar

3 Penyebab Utama Penyakit endometriosis

3 Penyebab Utama Penyakit endometriosis

Pada dasarnya penyakit endometriosis adalah penyakit yang dipicu oleh adanya pertumbuhan jaringan atau sel-sel yang berupa pelindung rahim atau endometrium yang terjadi di luar wilayah yang seharusnya sel tersebut tumbuh, dimana pada wanita normal jaringan pelindung rahim atau endomitrium berada di dalam rahim, maka pada wanita penderita endometriosis ini sel atau jaringan pelindung rahim atau endomitriumya akan berada di luar rahim dan tumbuh seiring perubahan waktu dan berjalan seperti layaknya proses haid atau menstruasi pada wanita.

Penyakit ini akan terasa menyakitkan dan sangat nyeri apabila seorang penderitanya mengalami proses menstruasi. Meskipun penyakit ini akan berdampak sangat mengerikan pada penderitanya, namun hingga saat ini penyebab kelainan penyait ini belum diketahui secara pasti. Namun ada dugaan penyakit ini dikarenakan karena faktor lingkungan dan keturunan genetis.

Faktor Lingkungan.

Kelainan endometriosis yang terjadi pada kaum wanita biasanya akan berdampak sangat mnegerikan pada setiap wanita penderitanya. Hal tersebut dikarenakan organ reproduksi pada wanita penderitanya akan terganggu dan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga besar kemungkinan wanita yang mengalami kelainan ini akan mengalami kemandulan atau suit memiliki keturunan.

Menurut beberapa penelitian, penyebab kelainan penyakit ini besar kemungkinan ialah karena faktor lingkungan si penderita. Pada kaum wanita yang tinggal di kawasan kumuh, kotor, dan sudah banyak terkontaminasi zat-zat berbahaya dari pabrik dan zat berbahaya lainnya seperti daerah yang penuh akan polusi, maka munculnya penyakit kelainan ini akan sangat besar.

Faktor Usia

Selain faktor lingkungan, endometriosis juga diprediksi akibat adanya faktor usia. Meskipun belum diketahui secara pasti dan alasan yang bisa yang masuk akal, namun melalui berbagai penelitian dan percobaan terhadap penderitanya, namun pada wanita yang berada pada umur 25 hingga 49 tahun akan mengalami kelainan terjangkit penyakit ini, yaitu antara 15 wanita terjangkit kelainan endometriosis dari 100 wanita yang menjadi responden.

Faktor Keturunan

Faktor keturunan ternyata juga di  duga kuat mengapa penyakit kelainan ini timbul, karena jika seseorang memiliki saudara kandung atau ibu kandung mengalami kelainan ini, maka besar kemungkinan wanita tersebut 6 kali lebih banyak terkena penyakit kelainan endometriosis ini dari pad wanita yang tidak mempunyai keturunan yang memiliki penyaikit kelainan yang sama.

Ciri Ciri dan Gejala Orang Yang Terkena Endometriosis

Ciri Ciri dan Gejala  Orang Yang Terkena  Endometriosis

Ciri-ciri Penyakit Endometriosis

Penyakit Endometriosis adalah penyakit yang menyerang dan terjadi pada organ reproduksi pada wanita, sehingga untuk ciri-ciri dari penyakit ini  seperti sering timbul di belakang rahim, tepatnya pada jaringan rektum, dan vagina. Meskipun demikian penyakit ini juga sering terjadi di otot pengikat rahim, di luar pelindung rahim, dinding samping panggul, dan kandung kemih.

Pada saat prosess menstruasi, Endometriosis akan mengalami penebalan dan akhirnya runtuh pada saat terjadi menstruasi. Pada dasarnya penyakit kelainan Endometriosis adalah adalah penyakit yang penyebabnya hingga kini bahkan belum diketahui secara pasti, namun banyak dugaan,  penyakit kelainan ini akan sering muncul pada wanita yang memasuki umur antara 25 hingga 50 tahun.

Gejala  Dari Penyakit Endometriosis

Endometriosis mempunyai beberapa gejala yang dapat ditimbulkan seperti rasa nyeri disekitar peruat bagian bawah pada saat haid, pinggang akan teraasa menyakitkan pada saat duduk, pada bagian samping maupun belakang panggul akan tersa nyeri dan sangat sering, terasa sakit di perut  yang rasanya hampir sama dengan sakit maag, vagina terasa lebih tebal, rasa sakit di sekitar anus terlebih pada saat buang air besar, terasa sakit pada saat berhubungan badan dan sering mengalami mual, pingsan dan vertigo.

Jika tidak segera mendapat pengobatan yang baik dan tepat maka penyakit ini akan semakin memburuk pada penderitanya. Pada beberapa kasus penyakit Endometriosis ternyata juga mempunyai dampak yang sangat luar biasa bagi para penderitanya, dimana peyakit ini akan berubah menjadi penyakit kronis yang akan sangat sulit untuk diobati.

Apa Yang harus Anda Lakukan Jika Terkena Endometriosis

image4

Dalam dunia medis, penyakit Endometriosis adalah salah satu penyakit yang sangat ditakutii oleh kebanyakan kaum wanita di dunia. Ya, penyakit ini adalah salah satu penyakit keturunan yang hingga kini belum diketahui secara pasti penyebab dari penyakit ini. dari segi gejala, penyakit ini tentunya akan menghadirkan sisksaan yang sangat menyakitkan bagi penderitanya, dimana penderita penyakit Endometriosisini akan selalu merasakan nyeri di sekitar perut seperti paha, pinggang dan panggul, terlebih pada saat mengalami menstruasi.

Dalam jangka panjang penyakit ini juga menyebabkan masalah yang cukup serius bagi penderitanya, karena penyakit ini menyerang pada organ reproduksi pada wanita, dinaman orang yang mengalami penyakit ini akan terancam mandul dan tidak mempunyai keturunan.

Lalu, bagaimana jika Anda atau bagi orang yang mengalaminya? Apa yang sebaiknya dilakukan?

Segera Periksakan Diri Anda ke Dokter

Pada dasarnya penyakit endometriosis adalah penyakit kelainan yang diperkirakan penyakit ini adalah penyakit keturunan, yang tentunya jika sudah terserang penyakit ini akan sulit untuk diobati atau diatasi. Namun demikian saat ini ada beberapa terapi dan pengobatan yang bisa ditempuh untuk mengobati penyakit endometriosis ini.

Salah satu cara yang bisa Anda tempuh yang pertama ialah memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa tentang seberapa  parah penyakit yang sedang Anda alami saat ini, sehingga Anda bisa meminta pertimbangan dokter tentang bagaimana langkah terbaik untuk mengobati penyakit ini. Biasanya untuk pendiagnsaan dokter menggunakan laparoskopi, dimana dengan sayatan kecil di bagian perut dan dengan memasukkan alat laparoskop untukmelihat organ-organ dan endometriosis secara langsung.

Pengobatan dan Mengatasi Endometriosis

Selain itu jika dokter menganjurkan untuk segera melakukan pengobatan , maka hendaklah Andas egera melakukakan sesuai dengan anjuran dokter. Pengobatan biasanya akan sangat dipengaruhi  oleh gejala yang ditimbulkan, usia, dan parah dan tidaknya seseorang mengalami penyakit Endometriosis ini.  namun penyait ini biasanya akan segera kambuh jika pengobatan dihentikan.

Oleh sebab itu, kebanyakan wanita yang mengalami penyakt Endometriosis ini akan mealkukan operasi pembedahan untuk membuang jaringanEndometriosis yang tumbuh di luar rahim dan membuangnya keluar. Sehingga dengan operasi tersebut, organ reproduksi penderita akan kembali seperti semula.

2 Pengobatan yang Ditempuh Untuk Mengatasi Penyakit Endometriosis

2 Pengobatan yang Ditempuh  Untuk Mengatasi  Penyakit Endometriosis

Pasien yang mengalami penyakit Endometriosis akan sering merasa kesakitan yang luar biasa terutama pada tubuh bagian perut, pinggang, panggul, paha dan vagina. Selain itu penyakit Endometriosis akan sangat mengganggu masalah seksualitas pada pasangan suami istri karena wanita yang mengalami penyakit Endometriosis  akan merasakan sakit yang luar biasa ketika saat melakukan hubungan intim dengan suaminya.

Oleh sebab itu penyakit ini perlu adanya penanganan yang tepat dan pengobatan yang tepat pula.

Pengobatan Endometriosis  Dengan Secara Hormonal

Penyakit Endometriosis, dalam jangka panjang jika tidak dilakukan penanganan dan pengobatan ternyata akan membuat penyakit Endometriosis ini akan semakin parah dan bahkan menjadi penyakit kronis. Oleh sebab itu jika Anda adalah salah satu orang yang mengalami penyakit ini, ada beberapa pengobatan yang sebaiknya And acoba sesuai dengan keadaan penyakit Anda saat ini. salah satu pengobatan yang pertama ialah pengobatan dengan terapi hormon.

Hal tersebut dikarenakan dikarenakan bahwa penyakit ini adalah jenis penyakit kelainan, tepatnya kelainan hormon, maka dengan terapai hormon ini para penderita akan mengalami presentase kesembuhan yang lebih besar.pengobatan dengan secara hormonal di sini dimaksudkan untuk menghentikan ovulasi, sehingga jaringan Endometriosis akan mengalami regresi dan kemudian akhirnya mati.

Namun biasanya, pengobatan dengan dilakukan secara hormonal ini akan menyebabkan beberapa masalajh lain seperti penambahan berat badan, jerawat, kekerinagn pada vagina dan sebagainya.

Pengobatan Endometriosis  Dengan Operasi Pembedahan

Namun apabila penyakit ini sudah dalam kondisi yang cukup parah, maka sesuai anjuran dokter, perlu diadakan operasi pembedahan dengan mengangkat jaringan-jaringan yang menutubi dan tumbuh di luar rahim dan membuangnnya, maka dengan begitu organ-organ reproduksi pada wanita yang terkena penyakit Endometriosis akan menjadi norman dan berfungsi kembali seperti sedia kala.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *