Pengertian Endometriosis

Pengertian Endometriosis dan Cara Mengatasinya

Endometriosis seringkali terdengar namun tidak banyak wanita yang memahami apa sebenarnya endometriosis. Bahkan jika ada seseorang yang mengalami endometriosis, mereka akan kesulitan untuk menjelaskan kondisinya kepada orang lain. Pengertian endometriosis adalah suatu kondisi saat endometrium tumbuh berada di luar rahim.

Baca juga: Mengenal Endometriosis, Gejala Serta Pengobatannya

Endometrium adalah jaringan yang ada dalam rahim. Sebagai jaringan yang biasanya ada di dalam rahim, tentunya tumbuhnya harus di dalam rahim. Namun karena tumbuhnya di luar rahim, jaringan ini menyebabkan tidak bisa luruh bersamaan dengan proses haid.

Pengertian Endometriosis

Akibatnya jaringan ini akan berdarah, menyebabkan radang dan sakit yang sangat namun juga sekaligus bisa sembuh. Jika endometriosis ini terjadi terus-menerus tanpa penanganan, dapat menumbuhkan jaringan parut pada rahim. Kondisi ini menyebabkan rahim menempel pada ovarium, saluran tuba dan usus.

Baca juga: Penting! Pro Kontra Bayi Tabung, Fatwa & Cara Kerja Bayi Tabung

Jika ini terjadi bukan hanya Anda akan selalu merasakan sakit yang sangat saat haid tapi juga dapat memperngaruhi kesuburan Anda.

Pengertian Endometriosis

Gejala Endometriosis

Proses haid yang melibatkan peluruhan ovarium tentunya menyakitkan. Namun gejala sakit yang ditimbulkan oleh endometriosis jauh berbeda dengan sakit yang Anda rasakan saat haid. Beberapa gejala yang ditimbulkan endometriosis saat Anda haid adalah sebagai berikut:

  1. Sakit yang sangat setiap kali haid
  2. Merasakan nyeri saat melakukan hubungan seksual dengan suami
  3. Rasa nyeri di panggul saat menjelang, terjadi dan juga sesudah haid
  4. Nyeri pada punggung bawah dan juga paha

Pengertian Endometriosis

Penanganan Medis Endometriosis

Sampai saat ini penanganan endometriosis yang dilakukan medis belum terlalu mengena sehingga seringkali penderita endometriosis seperti dilanda putus asa untuk menyembuhkan penyakitnya. Namun seiring dengan kemajuan dunia medis, penanganan yang dilakukan untuk mengatasi endometriosis cukup menjanjikan kesembuhan.

Pengertian Endometriosis

Gejala endometriosis ringan

Biasanya pasien dengan endometriosis ringan akan disarankan untuk melakukan obat jalan yang tentu saja selalu berada dalam pantauan dokter. Biasanya pihak medis akan memberikan obat tertentu yang dapat mengatasi rasa nyeri yang datang setiap kali haid. Selain itu biasanya dokter akan memberikan obat yang berfungsi untuk menghambat berkembangnya terbentuknya jaringan parut pada rahim akibat endometriosis.

Pengertian Endometriosis

Terapi Hormon

Selama ini para ahli menyatakan bahwa sel-sel endometrium yang tumbuh di lokasi yang salah memberikan reaksi terhadap hormon. Terutama dalam naik turunnya hormon esterogen dan progesteron. Dan pemberian terapi hormon ini dianggap mampu mengelola rasa sakit yang disebabkan oleh endometriosis. Terapi hormon yang selama ini diberikan antara lainprogestin, gonadotropin dan juga pemberian pil kontrasepsi yang dianggap mampu menekan endometriosis dalam waktu yang cukup lama.

Pengertian Endometriosis

Proses pembedahan

Biasanya proses pembedahan ini dilakukan jika kondisi endometriosis yang terjadi sudah cukup parah sehingga sangat mengganggu dan juga membahayakan pasies terutama reproduksinya. Karena itu keluhan apapun terkait organ reproduksi Anda harus selalu dikonsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat sejak dini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *