Penting! Pro Kontra Bayi Tabung, Fatwa & Cara Kerja Bayi Tabung

Penting! Ini Pro Kontra Bayi Tabung, Fatwa & Cara Kerja Bayi Tabung

Apakah yang dimaksud dengan bayi tabung? Bayi tabung atau pembuahan invitro adalah teknik pembuahan di masa sel telur dibuahi  di luar tubuh perempuan. Hal ini di lakukan jika ada kelainan hormonal yang membuat pasangan suai istri baru kesulitan untuk mendapatkan keturunan.

Proses dan sebelum metode bayi tabung dilakukan pasangan suami istri harus selalu mengontrol kesuburan terlebih dahulu jika kedua pasangan ini mempunyai masalah baru dapat menggunakan metode bayi tabung. Biasa orang-orang mempunyai presepsi yang salah dengan bayi tabung kebanyakan orang berfikir jika janin bayi akan berkembang di tabung dan itu adalah presepsi yang salah.

Begini cara kerja bayi tabung yang sebenarnya

  1. Dokter akan selalu memantau terlebih dahulu kondisi sel telur ibu melalui alat ultrasonografi.
  2. Setelah dokter melihat sel telur siap di panen, dokter akan mematangkan sel telur tersebut dengan menyuntikkan obat.
  3. Sel telur tersebut di ambil dari tubuh sang calon ibu.
  4. Dalam waktu yang sama dokter juga akan mengambil sperma ayah dengan cara masturbasi jika normal, kalau tidak normal sperma akan di ambil dengan cara operasi agar menemukan sperma yang sehat dan dapat membuahi sel telur. Proses ini di lakukan di sebuah gelas / tabung proses inilah yang di maksud dengan proses bayi tabung.
  5. Setelah itu jika embrio sudah mulai terbentuk maka embrio tersebut di kembalikan kepada tubuh sang calon ibu agar terjadi kehamilan.

4 Cara Kerja & Teknologi Program Bayi Tabung Yang Harus Anda Ketahui

4 Cara Kerja & Teknologi Program Bayi Tabung Yang Harus Anda Ketahui

Program bayi tabung adalah salah satu program kehamilan buatan yang di usahakan oleh sebagian orang untuk mendapatkan keturunan. Namun tak semua orang yang sanggup untuk dapat menjalankan program kehamilan buatan ini. Di sebut sebagai program yang tak semua orang sanggup karena di butuhkan biaya yang banyak untuk dapat menjalankan program ini. Untuk lebih jelasnya akan di jelaskan mengenai cara kerja dan teknologi yang di gunakan untuk program bayi tabung.

Cara kerja dan teknologi yang di gunakan dalam program bayi tabung

  1. Mengikuti seleksi apakah Anda layak dan sesuai dengan kriteria atau tidak. Hal ini penting di lakukan karena program bayi tabung di perlukan kesiapan dan juga kesehatan baik pria atau pun wanita.
  2. Mengecek sel telur yang di miliki wanita atau istri dan juga mengeceknya apakah sudah matang dan juga siap di buahi oleh sperma. Tak jarang apabila belum matang maka akan di lakukan ultranosografi.
  3. Pada hari yang sama haruslah di lakukan pengambilan sel sperma dari suami. Bisa di lakukan dengan cara masturbasi atau operasi pada buah zakar.
  4. Pembuahan di lakukan di kultur jaringan menghasilkan embrio. Setelah embrio terbentuk maka akan segera di tanam oleh dokter ke dalam rahim.
  5. Dokter akan berusaha memberikan pertolongan agar embrio menempel di dalam rahim dan terjadi proses kehamilan.

Untuk mendukung program bayi tabung agar dapat berjalan dengan lancar. Maka sebaiknya jika Anda mempersiapkan kehamilan melalui program bayi tabung sebaiknya kesehatan selalu di jaga dengan baik. Di sarankan mintalah rekomendasi dokter yang telah berpengalaman dengan program bayi tabung.

Hal ini perlu di lakukan karena melakukan program bayi tabung bukanlah sesuatu yang murah namun membutuhkan biaya hingga ratusan juta rupiah.

Pro dan Kontra Program Bayi Tabung

Pro dan Kontra Program Bayi Tabung

Program kehamilan melalui jalan bayi tabung tak jarang membuat pro dan kontra yang terjadi di kalangan masyarakat. Namun apabila Anda menilik mengenai pandangan agama mengenai program bayi tabung akan di kemukakan bahwa apa saja yang menjadi pro dan juga kontra.

Setiap program bayi tabung pada dasarnya akanterjadi hal ini bisa di katakan bahwa hal ini sangat wajar Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja yang menjadi pro dan kontra mari kita simak lebih lanjut mengenai hal ini.

  1. Adapun pendapat yang pro mengenai program bayi tabung yaitu
    Banyaknya pasangan yang dapat terbantu memiliki keturunan dengan program bayi tabung. Melalui program bayi tabung ini akan membuat impian pasangan yang sangat mendambakan hadirnya buah hati untuk meneruskan garis keturunan mereka.Dengan menggunakan teknologi ini maka para ilmuan dan dokter dapat mengawasi dari awal terjadi pembuahan. Melalui pengawasan inilah yang dapat meminimalisir dalam pencegahan bayi lahir cacat. Hal ini karena sperma yang di pilih adalah sprema pilihan yang telah di teliti terlebih dahulu.
  1. Pendapat kontra mengenai program bayi tabung yaitu
    Pada saat melakukan program kehamilan bayi tabung akan sangat berpotensi mendapatkan bayi kembar. Hal ini karena sperma yang di masukkan ke dalam sel telur ibu lebih dari satu. Hal ini di lakukan dokter untuk menghindari kegagalan dalam program bayi tabung tersebut.Apabila bayi tabung yang di dapatkan lebih dari satu maka bayi yang di kandung dalam sel telur ibu akan sangat kecil di bawah ukuran bayi yang hanya terjadi pembuahan tidak kembar atau hanya satu bayi saja. Sehingga perkembangannya pun harus di pantau secara intensif oleh dokter.

Biaya yang di perlukan mahal dari pada proses pembuahan secara normal. Proses pembuahan ini juga sangat rentan pada dengan banyaknya obat-obatan yang terkandung di dalamnya. Tingkat kegagalannya juga tinggi seandainya pembuahan tidak di lakukan oleh profesional.

Fatwa Bayi Tabung Dalam Agama Islam

Fatwa Bayi Tabung Dalam Agama Islam

Bagi Anda yang memeluk agama Islam harus mengetahui mengenai fatwa bayi tabung ini. Hal ini sangat penting baik Anda yang akan menjalankan program ini ketika ingin memutuskan untuk membantu memberikan keturunan atau bagi Anda yang sudah memiliki keturunan.

Untuk lebih jelasnya ada baiknya Anda mengetahui mengenai fatwa yang keluar yang berkaitan dengan program bayi tabung silahkan simak artikel berikut ini.

Adapun fatwa bayi tabung dalam agama Islam yaitu

Fatwa bayi tabung dalam agama Islam adalah di perbolehkan. Fatwa menurut agama di perbolehkan karena di dalam agama Islam tak ada larangan mengenai program bayi tabung yang di lakukan untuk mendapatkan keturunan.

Namun hal ini akan menjadi haram apabila melanggar ketentuan berikut ini

  1. Sperma yang di tanam dalam rahim sang istri adalah sperma yang berasal dari suami yang telah di nikahi secara sah baik dalam hukum Islam maupun negara. Hal ini sangat penting untuk mengatur segala ketentuan yang di miliki di dalam negara atau pun kehidupan bermasyarakat.
  2. Menentukan nasab atau wali ketika anak tersebut seorang perempuan dan akan melangsungkan pernikahan. Apabila sperma yang di tanam buka dari rahim suaminya maka di khawatirkan akan terjadi kebingungan.
  3. Selain akan bingung ketika menikahkan juga apabila sperma yang di hasilkan dari laki-laki yang memiliki banyak istri atau banyak anak. Maka di khawatirkan akan terjadi pernikahan sedarah. Hal ini sangat berbahaya karena pernikahan sedarah sangat di haramkan atau di larang karena dapat terjadi kerusakan gen. Kerusaakn gen inilah yang di khawatirkan bisa terjadi kecacatan fisik dari anak yang telah di lahirkan kelak.

Inseminasi atau Bayi Tabung, Mana yang Lebih Baik?

Inseminasi atau Bayi Tabung Mana yang Lebih Baik

Pada dasarnya setiap orang di dunia ini mempunyai keinginan untuk memiliki anak. Dan keinginan tersebut telah Tuhan berikan kepada setiap manusia yang diciptakan-Nya dengan mempunyai alat-alat reproduksi yang menjadikan seseorang dapat melanjutkan keturunannya.

Namun demikian terkadang terjadi berbagai kelainan, faktor dan penyebab yang menyebabkan manusia tidak bisa melanjutkan keturunan, seperti kelainan atau penyakit yang menyerang organ reproduksi pada wanita atau pada laki-laki. Namun demikian manusia juga dicitakan dengan akal yang memungkinkan manusia melakukan yang sebelumnya dianggap “mustahil” menjadi kenyataan.

Salah satunya contohnya  ialah jika seseorang mengalami kelainan atau penyakit yang menyebabkan seseorang tidak bisa melanjutkan keturunan alias mandul, maka manusia dengan berbagai penemuannya dapat  mengatasi permasalahan yang sebelumnya dianggap mustahil tersebut, salah satu contohnya ialah dengan cara inseminasi dan bayi tabung.

Inseminasi

Inseminasi dalam dunia medis  adalah sebuah teknik yang membantu proses reproduksi dengan cara memasukkan sperma yang telah disiapkan dengan peralatan tertentu ke dalam rahim dengan menggunakan kateter. Ini bertujuan untuk membantu sperma  menuju telur yang  telah matang dan siap untuk dibuahi.

Sehingga Inseminasi merupakan pembuahan alami, karena sperma yang diambil dan dibersihkan dimasukkan ke dalam rahim secara langsung tanpa perantara apapun hanya dibantu beberapa alat untuk memudahkan jalan sperma ke telur tersebut. Dan keunggulan menggunakan teknik inseminasi ialah sperma yang dimasukkan ke dalam telur adalah sperma yang telah dipilih kualitasnya dengan cara-cara tertentu yang dilakukan oleh dokter.

Bayi Tabung

Sedangkan bayi tabung ialah suat program dokter untuk membantu setiap pasangan yang kesulitan untuk mendapatkan keturunan. Bayi tabung dilakukan dengan pengambilan sel telur matang dari rahim wanita untuk dilakukan di luar rahim si wanita ada sebuah cawan petri.

Setelah terjadi pembuahan maka, akan terjadi pembentukan embrio. Setelah terjadi pembentukan embrio, maka embrio tersebut akan dimasukkan ke dalam rahim ibu lagi. Dan pada akhirnya embrio tersebut akan berkembang menjadi janin di rahim ibu.

Oleh sebab itu perbedaan antara inseminasi dengan bayi tabung terletak pada pembuahannya, yaitu antara di dalam rahim dan di luar rahim ibu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *