Penyebab Air Ketuban Sedikit Pada Ibu Hamil

4 Penyebab Air Ketuban Sedikit Pada Ibu Hamil

Hamil adalah suatu peristiwa suci yang dinanti-nanti oleh setiap wanita yang sudah menikah. Pengalaman mengandung di jabang bayi dan melahirkan hingga akhirnya menjadi seorang ibu adalah rangkaian pengalaman yang membuat wanita menjadi makhluk yang begitu istimewa.

Baca juga: Jarak Antara Masa Nifas Dan Menstruasi

Pada saat hamil, meskipun mungkin banyak rintangan yang mesti dihadapi, tetapi begitu rintangan telah dilewati dan bayi Anda lahir ke dunia maka semua rintangan serta kesulitan itu tak lagi terasa. Salah satu rintangan yang mesti ibu hamil lalui pada masa kehamilan adalah masalah kesehatan kandungan dan janin.

Penyebab Air Ketuban Sedikit Pada Ibu Hamil

Kesehatan kandungan dan janin yang ada di dalamnya sangatlah rentan sehingga harus diperhatikan ekstra. Memeriksa kandungan secara rutin akan membantu Anda untuk selalu tahu perkembangan yang terjadi pada kandungan dan janin Anda. Saat Anda bergerak Anda harus ekstra hati-hati jangan sampai terjatuh dan terluka.

Baca juga: 7 Hal Penting Yang Harus Anda Perhatikan Saat Membersihkan Telinga Bayi Anda

Di dalam kandungan, yang secara langsung melindungi janin Anda dari benturan adalah air ketuban. Selain itu air ketuban ini memberikan ruang gerak pada sang bayi sehingga bisa melakukan gerakan-gerakan di dalam rahim. Karena air ketuban sangat penting maka air ketuban harus tersedia dalam jumlah yang cukup , tidak boleh terlalu banyak dan tidak boleh terlalu sedikit.

Penyebab Air Ketuban Sedikit Pada Ibu Hamil

Keadaan dimana air ketuban berada pada jumlah yang sedikit disebut dengan oligrohydramnios. Air ketuban sedikit biasanya bisa diketahui dari ukuran kandungan Anda yang kecil atau gerakan bayi Anda yang jarang. Mengapa jumlah air ketuban ini bisa sedikit? Apa penyebabnya?

Penyebab Air Ketuban Sedikit Pada Ibu Hamil

Membran Kantung Ketuban Yang Pecah

Salah satu penyebab yang mungkin adalah karena membrane kantung ketuban Anda pecah sehingga terjadi kebocoran dan pengurangan jumlah air ketuban. Hal ini bisa berbaaya dan menyebabkan infeksi pada ibu dan janinnya, meskipun bisa sembuh dengan sendirinya namun Anda tetap harus mendapatkan penanganan medis agar situasi ini bisa ditangani dengan cepat.

Penyebab Air Ketuban Sedikit Pada Ibu Hamil

Janin Yang Mengalami Kelainan

Penyebab lain adalah karena janin dalam kandungan Anda mengalami kelainan yang menyebabkan ia tidak banyak bergerak di dalam kandungan Anda, kelainan ini menimbulkan janin Anda tidak berkembang dengan baik.

Penyebab Air Ketuban Sedikit Pada Ibu Hamil

Plasenta Bermasalah

Penyebab yang ketiga adalah karena adanya masalah pada plasenta sehingga tingkat cairan ketuban menurun. Contoh masalah pada plasenta ini dapat menyebabkan terkelupasnya kulit pada dinding rahim. Ini sangat berbahaya bagi bayi, karena dapat menyebabkan bayi kekurangan gizi karena semua gizinya tidak dapat disalurkan dengan baik pada sang bayi.

Penyebab Air Ketuban Sedikit Pada Ibu Hamil

Mengandung Bayi Kembar

Memiliki bayi kembar adalah hal yang banyak diinginkan oleh orang-orang. Bayi kembar sangat lucu dan betapa menyenangkannya jika bisa mendapatkan dua bayi sekaligus pada saat yang sama. Namun ternyata memiliki bayi kembar akan meningkatkan resiko berkurangnya air ketuban pada kandungan sang ibu. Sehingga memiliki bayi kembar itu juga mengandung resiko dua kali lipat bagi sang ibu dan bayi, sehingga Anda sebagai ibu hamil harus selalu menjaga kesehatan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *